Rabu, 29 September 2010

Jejak Pahlawan Kemerdekaan Kalteng

          Bukit Batu yang terletak di Kabupaten Kasongan, Kalimantan Tengah, saat ini dijadikan obyek wisata yang cukup menarik. Ditempat tersebut, terdapat batu-batu besar yang tersusun rapi. Pada saat perang Kemerdekaan, Bukit Batu tersebut dijadikan tempat persembunyian Cjilik Riwut, saat memimpin gerilya melawan tentara Nica.
          Bukit Batu yang terletak di Kabupaten Kasongan, merupakan tempat wisata yang cukup unik. Disini terdapat batu-batuan yang sangat besar, tetapi letaknya tersusun rapi sehingga terkesan seperti disusun tangan manusia.
          Tempat ini juga merupakan tempat persembunyian Pahlawan asal Kalimantan Tengah, Tjilik Riwut saat memimpin perang gerilya menghadapi tentara Nica untuk mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1945 hingga 1949.

Tjilik Riwut, merupakan satu-satunya Pahlawan Nasional asal Kalimantan Tengah. Di pintu masuk tempat wisata Bukit Batu terdapat rumah-rumahan tempat menaruh sesajen. Seperti ketan, bunga dan minuman beraneka warna serta kepala sapi dan kerbau.
          Disini juga ada sebuah telaga kecil yang airnya dipercaya sebagian orang dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Sayangnya, obyek wisata bersejarah ini terkesan kurang terpelihara dengan baik dan kotor.
          Di tempat ini tidak tampak para petugas jaga dan petugas kebersihan. Sehingga para pengunjung yang iseng banyak yang leluasa menulis berbagai tulisan pada batu-batu besar yang ada di sini

3 komentar: